Promo Smartfund 2024

5 April 2024 - 31 Desember 2024

Bagikan:   

facebook twitter wa

 FAQ Program Smartfund 2024


1. Q : Bagaimana Nasabah melakukan aktivasi dan mengikuti Smartfund, jika sudah aktif langsung ke tahap no 3:
A :  - Mengaktifkan BSI hasanah Card Ketik : AKT(spasi)No.Kartu(spasi)TGL Lahir(DDMMYYYY) Kirim ke 83346
- Melakukan request PIN Ketik : RPIN(spasi)No.Kartu(spasi)TGL Lahir(DDMMYYYY) Kirim ke 83346
- Call 14040 untuk pengajuan Smartfund setalah kartu aktif


2. Q : Apa itu Program SmartFund?
A : Program SmartFund merupakan program transfer dana dari sisa limit BSIHasanah Card ke rekening tabungan Cardholder dengan tujuan penggunaan dana kesehatan, pendidikan, renovasi rumah, pembayaran pajak,
pembayaran asuransi dan kebutuhan lainnya selama tidak melanggar prinsip syariah

3. Q : Kapan periode Program SmartFund?
A : 1 Januari – 31 Desember 2024

4.Q : Siapa saja yang dapat mengikuti Program SmartFund?
A : Pemegang Kartu BSI Hasanah Card (Kartu utama)

5. Q : Jenis kartu apa saja yang dapat mengikuti Program SmartFund
A : Semua jenis kartu BSI Hasanah Card (classic, gold, platinum)

6. Q : Apa benefit dari Program SmartFund?
A : Benefit
- Transfer dana dengan jumlah minimal Rp 1 juta dan maksimal 50% dari sisa limit BSI Hasanah Card ke rekening Cardholder dengan cicilan 0% hingga 12 bulan.

7. Q : Bagaimana ketentuan Program SmartFund?
A : Ketentuan Program SmartFund sebagai berikut:
- Program berlaku kepada cardholder BSI Hasanah Card yang sudah melakukan aktifasi pada kartu
- Status pinjaman cardholderadalah Kol 1 – Dilihat dari Blok kartu pada Cardlink Kol 1 : Lancar, apabila debitur selalu membayar tagihan sesuai ketentuan, tidak dalam keadaan kenaikan limit sementara
- Program berlaku untuk semua jenis Hasanah Card (Classic, Gold,
Platinum) & kartu utama
- Proses transfer dana wajib dilakukan ke rekening atas nama Cardholder/ Penerima biaya tersebut. (urgent boleh ke rekening pihak lain dengan persetujuan Cardholder dan pihak bank
- Cardholder melakukan pembayaran ke kartu BSI Hasanah Card dengan skema yang telah dipilih.
- Minimal dana yang bisa ditransfer sebesar Rp 1 juta dan Maksimal dana yang bisa ditransfer sebesar 50% dari sisa limit BSI Hasanah Card cardholder
- Pembayaran dapat dicicil hingga 24 bulan dengan ujrah 0%
- Biaya administrasi berdasarkan tenor :
                 a.  tenor 3 bulan Rp150.000
                 b. tenor 6 bulan Rp200.000
                 c. tenor 12 bulan Rp250.000
                 d. tenor 24 bulan Rp250.000 (taktikal)
- biaya administrasi akan ditagihkan secara penuh bersama dengan cicilan bulan pertama (tidak dapat dicicil)
- Penawaran program dilakukan oleh Telemarketing dengan nomor 14040
- Informasi pengajuan disetujui atau tidak akan diberikan melalui SMS dari
BSI

8. Q : Berapa lama proses awal pengajuan sampai dengan dana sudah di transfer
A : Proses pengajuan hingga dana diterima maksimal 3-5 hari kerja,

9. Q : Apakah terdapat percepatan proses transfer dana dalam keadaan darurat ?
 A :tidak ada proses percepatan

10. Q : Apakah terdapat kemungkinan gagal transaksi transfer dana ?
 A : Ada kemungkinan gagal transaksi bila nomor kartu / nomor rekening tujuan salah / sisa limit yang tersedia tidak mencukupi/limit cicilan tidak mencukupi/ nomor rekening penerima dana dalam keadaan blokir, dormant, tidak aktif dll

11. Q : Tujuan apa saja yang boleh mengikuti Program?
A : Biaya pendidikan, biaya kesehatan, pelunasan kartu kredit bank lain dan kebutuhan lainnya selama tidak melanggar prinsip syariah

12. Q : Apakah dapat digunakan untuk pembayaran biaya pendidikan, biaya kesehatan di
luar negeri?
A : bisa dengan syarat nasabah memiliki BSI Hasanah card

13. Q : Bagaimana nasabah mendapat informasi bahwa dana sudah diproses ?
A : Pihak BSI akan melakukan SMS kepada nasabah bahwa pengajuan disetujui / tidak

14. Q : Apa akad yang digunakan pada program SmartFund ?
A : Qardh

15. Q : Apakah nasabah dapat melunasi jika memilih skeama cicilan? dan apakah di kenakan penalty?
A :bisa dengan melakukan pembatalan cicilan via call center dan tidak dikenakan penalty

16. Q :Apakah nasabah boleh mengajukan lebih dari 1x ?
A :Boleh lebih dari 1x jika masih tersedia sisa limit (dibulan yang berbeda)

17. Q : bagaimana cara mengikuti program?
A: penawaran melalui telemarketing 14040 , pengajuan melalui call center 14040 (akan dikonfirmasi ulang oleh telemarketing)

18. Q :Apa saja data yang harus di persipkan oleh cardholder
A : Nomor kartu HC, nomor HP, nominal pengajuan, rekening tabungan penerima dana (aktif), nama bank, nama rekenging penerima dana , cabang pembuka rekening,

19. Q : Bagaimana cara pembayarannya?
A : Melakukan pembayaran sesuai tagihan pada BSI Hasanah card selama 3, 6, 12, 24 bulan dengan cicilan tetap dan biaya administrasi pada tagihan pertama


Keterangan :
       - 0% 3 Bulan 3 juta : pembayaran dibagi menjadi 3 bulan Ex : 3 Juta → perbulan 1 juta selama 3 bulan (biaya adm    150 ribu), tagihan bulan 1 → Rp 1.150.000,-
       - 0% 6 Bulan 3 juta : pembayaran dibagi menjadi 6 bulan Ex : 3 Juta → perbulan 500 ribu selama 6 bulan (biaya adm 200 ribu), tagihan bulan 1 → Rp 700.000,-
       - 0% 12 Bulan 12 juta : pembayaran dibagi menjadi 12 bulan Ex : 12 Juta → perbulan 1 juta selama 12 bulan (biaya adm 250 ribu), tagihan bulan 1 → Rp 1.250.000,-


KETENTUAN DAN MEKANISME

Nama Program  Smartfund 2024 
Definisi Program Fasilitas transfer dana dari sisa limit BSI Hasanah Card ke rekening : Cardholder atas nama
pribadi / atas nama pihak lain dengan kesepakatan/keinginan dan konfirmasi dari
Cardholder. Transfer dana dilakukan untuk tujuan yang telah ditentukan yaitu
Kesehatan, Pendidikan, kebutuhan urgensi lainnya yang sifatnya kebaikan dan konversi
kartu kredit bank konvensional dengan nominal minimal Rp 1 juta dengan biaya
administrasi.
Area Program Nasional 
Periode
Program
1 Januari : – 31 Desember 2024. 
Benefit Program  Ada 4: pilihan tenor pembayaran:
1. Cicilan 3 Bulan 0% → biaya administrasi Rp 150.000.
2. Cicilan 6 Bulan 0% → biaya administrasi Rp 200.000.
3. Cicilan 12 Bulan 0% → biaya administrasi Rp 250.000.
4. Cicilan 24 Bulan 0% → biaya administrasi Rp 250.000 (12 Maret – 1 April 2024)
Ketentuan Program  • Program berlaku kepada : seluruh pemegang kartu BSI Hasanah Card.
• Status pinjaman adalah Kol 1 – Dilihat dari status Blok kartu pada Cardlink (Kol 1 :
Lancar, apabila debitur selalu membayar tagihan tepat waktu, tidak ada tunggakan
sama sekali).
• Status kartu BSI Hasanah Card eligible (tidak ada block, sisa limit mencukupi, sisal
limit cicilan mencukupi, kartu utama, dan tidak pada periode kenaikan limit
sementara).
• Program berlaku untuk jenis BSI Hasanah Card Classic, Gold, dan Platinum
• Proses transfer dana dapat dilakukan ke rekening BSI atas nama cardholder / ke
rekening lain dengan kesepakatan/keinginan dan konfirmasi dari Cardholder
(pengecualian dan menggunakan surat pernyataan).
• Minimal dana yang bisa ditransfer sebesar Rp 1 juta.
• Maksimal dana yang bisa ditransfer sebesar 50% dari sisa limit dan ketersediaan sisa
limit cicilan BSI Hasanah Card.
• Terdapat 4 jenis pilihan pembayaran yang dapat dilakukan :
Pilihan 1 : Pembayaran dengan cicilan 3 bulan 0% dengan biaya administrasi Rp
150.000.
Pilihan 2 : Pembayaran dengan cicilan 6 bulan 0% dengan biaya administrasi Rp
200.000.
Pilihan 3 : Pembayaran dengan cicilan 12 bulan 0% dengan biaya administrasi Rp
250.000.
Pilihan 4 : Pembayaran dengan cicilan 24 bulan 0% dengan biaya administrasi Rp
250.000 (hanya untuk periode tertentu)
Mekanisme Program 

Pendaftaran keikutsertaan program dibagi menjadi : 2 pilihan:

Pilihan 1 : Penawaran via telemarketing
1. PIC program Smartfund (Tim Card Usage) akan melakukan feeding data eligible
Smartfund ke telemarketing melalui aplikasi telemarketing.
2. Telemarketing akan melakukan penawaran ke nasabah melalui call 14040 untuk
keikutsertaan Smartfund.
3. Telemarketing akan melakukan permintaan data rekening penerima dana (dengan
verifikasi nama card holder dan nama rekening penerima dana telah sesuai).
4. Telemarketing akan melakukan verifikasi dan kelengkapan data :
a. Tujuan penggunaan dana.
b. Nominal.
c. Nama cardholder.
d. Nama rekening penerima dana.
e. Nama bank penerima dana.
f. Nama cabang pembuka rekening penerima dana.
g. Skema pembayaran Smartfund.
5. PIC program Smartfund (Tim Card Usage) akan menerima report data melalui aplikasi
telemarketing untuk dilakukan verifikasi apakah eligible / tidak eligible.
6. Nasabah akan menerima informasi melalui SMS bank BSI terkait pengajuan Smartfund
disetujui/belum disetujui dan catatan pada cardlink BNKI.
7. Ketika data sudah lengkap, maka PIC program Smartfund (Tim Card Usage) akan
memproses untuk transfer dana ke rekening yang sudah ditentukan.
8. PIC program Smartfund (Tim Card Usage) akan memberikan data kepada DBO untuk
di lakukan proses posting dan transfer dana.

Pilihan 2: Pendaftaran Program melalui call center:
1. Nasabah melakukan pendaftaran program melalui call center 14040 (proses verifikasi
mengikuti ketentuan yang berlaku).
2. Tim call center (CCG) akan mengirimkan data pendaftar melalui Onmix ke PIC
program.
3. PIC program Smartfund (Tim Card Usage) akan melakukan verifikasi data hasil
pendaftaran melalui Onmix yang dapat mengikuti Smartfund (disetujui/tidak akan
diinformasikan melalui catatan pada cardlink BNKI).
4. PIC program Smartfund (Tim Card Usage) akan melakukan feeding data eligible yang
mengajukan melalui call center ke telemarketing melalui aplikasi telemarketing.
5. Telemarketing akan akan melakukan konfirmasi ke nasabah melalui call 14040 untuk
keikutsertaan Smartfund.
6. Telemarketing akan melakukan permintaan data rekening penerima dana (dengan
verifikasi nama cardholder dan nama rekening penerima dana telah sesuai).
7. Terdapat beberapa kelengkapan data yang akan diinformasikan oleh nasabah
kepada telemarketing Nasabah akan dihubungi oleh telemarketing 14040 / Tim BSI
Hasanah Card untuk dilakukan verifikasi data dan kelengkapan data :
a. Tujuan penggunaan dana.
b. Nominal.
c. Nama cardholder.
d. Nama rekening penerima dana.
e. Nama bank penerima dana.
f. Nama cabang pembuka rekening penerima dana.
g. Skema pembayaran Smartfund.
8. PIC program Smartfund (Tim Card Usage) akan menerima report data melalui aplikasi
telemarketing untuk dilakukan verifikasi apakah eligible / tidak eligible.
9. Nasabah akan menerima informasi melalui SMS bank BSI terkait pengajuan Smartfund
disetujui/belum disetujui dan catatan pada cardlink BNKI.
10. Ketika data sudah lengkap, maka PIC program Smartfund (Tim Card Usage) akan
memproses untuk transfer dana ke rekening yang sudah ditentukan. 


Promo